Wujudkan Good Party Governance, PKS Kota Mataram adakan Training Manajemen Kesekretariatan dan Sistem Dokumen

0
15325

PKS Mataram
Ketua Bidang Pemberdayaan Sumber Daya Manusia dan Lembaga Propesi Rahmat Mustakim Melakukan presentasi program dalam Pra Rakorda DPD PKS Kota Mataram 2017
PKS Kota Mataram – Untuk memperluas wawasan dan kemampuan dalam manajemen partai secara professional, Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Mataram melalui Bidang Pemberdayaan Sumber Daya Manusia dan Lembaga Profesi mengadakan Training Manajemen Kesekretariatan dan Sistem Dokumen, rabu (29/03) kemarin.
Kegiatan diadakan di ruang rapat pleno DPD PKS Kota Mataram di jalan Gajah Mada No 99X Kelurahan Jempong Baru Kecamatan Sekarbela Kota Mataram yang di ikuti oleh 25 peserta yang terdiri dari para sekretaris bidang DPD dan DPC PKS se Kota Mataram.

Ketua Bidang Pemberdayaan Sumber Daya Manusia dan Lembaga Profesi DPD PKS Kota Mataram, Rahmat Mustakim, menjelaskan pelatihan tersebut dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kemampuan para sekretaris agar lebih profesional dan mampu memajukan keberadaan PKS sebagai partai dakwah yang modern dan transparan.

Pada pelatihan ini para sekretaris akan dibekali dengan pemahaman tentang bagaimana meningkatkan peran seorang sekretaris dalam mengelola sebuah organisasi, memahami kaidah-kaidah komunikasi, hambatan-hambatan berkomunikasi, dan juga praktek melakukan komunikasi yang efektif dan tepat sasaran.

“Seorang sekretaris harus dapat berkomunikasi dengan baik dengan menggunakan lisan maupun tulisan, sopan dan santun dalam menjawab telepon, menerima tamu ataupun membuat reservasi/janji, agar tidak menyinggung perasaan mitra atau tamu dari pimpinan partai”

“Bagaimana membuat laporan, surat menyurat, memo, formulir pesanan dan mengelola arus keluar masuknya surat untuk menghindari timbulnya kekacauan arus informasi yang dapat mengakibatkan kerugian waktu, pikiran, dan material pada partai” lanjut beliau.

“Bagaimana dokumen-dokumen tersebut harus disimpan secara sistematis agar dapat ditemukan dengan cepat setiap saat sesuai dengan pedoman pengarsipan yang digunakan” paparnya di sela-sela rehat pelatihan.

Dengan mengikuti pelatihan Manajemen Kesekretariatan dan Sistem Dokumen nantinya para peserta diharapkan memahami tugas dan fungsi kewenangan dalam berorganisasi, wewenang yang lebih proporsional dalam menghadapi perbedaan pandangan, ide dan pemikiran yang dimiliki oleh setiap kader-kader partai, keluwesan dalam berinteraksi baik dengan pihak internal maupun eksternal serta kompetensi yang tinggi terhadap sistem manajemen modern dalam mengembangkan visi dan misi partai ke depan. (AA)