Beranda PKS NTB PKS NTB Siapkan kader siaga bencana dengan Kemah Bhakti Nusantara

PKS NTB Siapkan kader siaga bencana dengan Kemah Bhakti Nusantara

0

Secara geografis, Indonesia berada dalam area Ring of Fire atau Lingkaran Api Pasifik. Yakni daerah yang sering mengalami gempa bumi dan letusan gunung berapi yang mengelilingi cekungan Samudra Pasifik. Daerah ini berbentuk seperti tapal kuda dan mencakup wilayah sepanjang 40.000 km. Sering disebut sebagai sabuk gempa Pasifik.

“Kemah Bhakti Nusantara ini adalah salah satu program kita untuk meyiapkan kader siaga bencana” ungkap Ketua Bidang Kepanduan dan Olahraga Dadan Andiyana, S.Pt. Masih menurut Dadan, PKS NTB menyelenggarakan KBN setiap tahun. Tahun ini ia memilih area Pantai Cemara di Desa Seriwe, Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur.

Pada KBN kali ini, peserta diberikan pengetahuan tentang Pertolongan Pertama Pada Musibah (P3M), penanganan korban henti jantung, dan dasar-dasar pertolongan di air atau water rescue. “Kami mendatangkan tenaga medis profesional dan mengundang istruktur dari BASARNAS untuk memberikan materi pelatihan” jelas Dadan.
“Kami  juga mengundang Komandan Rayon Militer setempat untuk memberikan materi wawasan kebangsaan kepada peserta” tutupnya.
Baca: Kapten Inf Bimo gelorakan semangat kebangsaan kader

pksntb - wawasan kebangsaan kapten Bimo
Peserta Kemah Bhakti Nusantara menyimak materi tentang wawasan kebangsaan yang disampaikan oleh anggota TNI AD, Komandan Rayon Militer kecamatan Jerowaru Kapten Inf Bimo Sakti
Pertolongan pertama pada musibah (P3M)
latihan evakuasi korban
latihan evakuasi korban
Anggota BASRNAS memberikan pengetahuan tentang water rescue
Pertolongan pertama pada musibah (P3M)
membuat tandu darurat dan evakuasi korban adalah salah satu kegiatan latihan dalam Kemah Bhakti Nusantara
Pertolongan pertama pada musibah (P3M)

 

Exit mobile version